Peringati Hari Pendidikan Nasional 2023, SMAN 14 Bandar Lampung Gelar Upacara Bendera



Bandar Lampung - Hari Selasa tanggal (2/5) di lapangan SMAN 14 Bandar Lampung digelar Upacara Bendera untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023. Upacara diikuti oleh seluruh keluarga besar SMAN 14 Bandar Lampung yaitu Dewan Guru, Staff Tata Usaha dan Siswa-Siswi kelas X, dan XI. Pelaksanaannya Dewan Guru dan Staff Tata Usaha diwajibkan menggunakan pakaian adat tradisional sesuai dengan norma kepantasan. Dan untuk siswa-siswi hanya 4 orang menjadi perwakilan yang menggunakan pakaian adat tradisional serta yang lain menggunakan  seragam sekolah putih abu-abu.


Adapun yang menjadi pembina upacara Hardiknas adalah Bapak Priyo Satmono, S.Pd., beliau menggantikan Ibu Sevensari, S.Pd., M.M. yang berhalangan hadir karena mengikuti upacara di lapangan Korpri. Di dalam upacara Bapak Priyo membacakan pidato sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Teks pidato Hardiknas 2023 Mendikbudristek tersebut menyoroti sejumlah isu pendidikan di tanah air, terutama perjalanan 3 tahun pelaksanaan program Merdeka Belajar, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Hal ini selaras dengan tema Hari Pendidikan Nasional 2023 yaitu “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.” 

Mendikbudristek Nadiem Makarim menyebut jika sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.




Upacara pun berjalan dengan lancar dari para dewan guru, staff tata usaha dan siswa-siswi antusias dalam mengikuti upacara sampai dengan upacara selesai. Setelah upacara selesai dewan guru dan staff tata usaha melakukan briefing di ruang guru SMAN 14 Bandar Lampung dan melakukan halal bi halal bersama ibu Sevensari yang telah kembali dari upacara Hardiknas di Lapangan Korpri dan ditutup dengan foto bersama.  (dk)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar