Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua Osis Periode 2022/2023 di SMA Negeri 14 Bandar Lampung


Suasana sambutan kepala sekolah dalam membuka acara Orasi Calon Ketua Osis SMAN 14 Bandar Lampung
 Bandar Lampung - SMA Negeri 14 Bandar Lampung menggelar pemiihan ketua osis pada masa bakti 2022-2023 dengan sistem pemilihan umum. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 2 hari pada tanggal (29/9) dan (30/9) di tribun, ruang OSIS dan lapangan SMA Negeri 14 Bandar Lampung dengan tujuan memberikan pendidikan demokrasi sejak dini tentang tata cara berdemokrasi yang baik dan benar kepada siswa. 

Pemilihan Ketua OSIS ini bertujuan untuk memberikan pendidikan dan pengetahuan kepada siswa untuk selalu berdemokrasi yang baik dan sehat. Adanya pemilihan OSIS siswa bisa berperan langsung dalam belajar berdemokrasi, ada yang bertindak sebagai KPU atau Panitia Pemilihan Ketua Osis, ada yang bertindak sebagai Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS dan juga bertindak sebagai pendukung pasangan calon. Hal ini jelas memicu semangat siswa untuk merasakan atmosfir demokrasi.

Pada hari pertama adapun rangkaian kegiatan yaitu sambutan kegiatan pemilihan ketua OSIS dari kepala sekolah, kegiatan selajutnya seluruh paslon untuk menyampaikan visi dan misi dihadapan para siswa-siswi  dan guru-guru melalui ORASI CALON KETUA OSIS, kemudian paslon melakukan debat dan terakhir seluruh masyarakat SMA Negeri 14 Bandar Lampung diwajibkan untuk tidak golput. 

Ibu Seven sedang memamsukkan lembar suara ke kotak suara 

Pada hari kedua yaitu hari ini, kegiatan yang dilakukan pencoblosan secara langsung dibuka dan dimulai oleh ibu Svensari, S.Pd., M.M. selaku Kepala SMA Negeri 14 Bandar Lampung beserta jajaran Wakasek dan selanjutnya diikuti oleh bapak ibu guru dan para siswa. Seperti pemilihan pada umumnya, bagi yang sudah melakukan pencoblosan, harus mencelupkan jarinya pada tinta yang telah disediakan sebagai bukti bahwa telah menyalurkan suaranya.

Bentuk kegiatan ini juga selaras dengan tema proyek penguatan profil pelajar Pancasila yaitu suara Demokrasi. Dan untuk pemgumuman hasil dan pelantikannya akan dilaksnakan pada tanggal (17/9). (dk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar